Sedang Memuat...

Bea Cukai Cirebon Asistensi Pemanfaatan DBHCHT dan Pajak Rokok ke Pemda Kab Kuningan

Cirebon - Selasa, (08/01/2019), Kantor Bea dan Cukai Cirebon menerima kunjungan Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan, Dr. H. Toto Toharuddin M.Pd. Kedatangannya ini sebagai langkah awal Kabupaten Kuningan untuk memperoleh asistensi pemanfaatan DBHCHT oleh Bea dan Cukai Cirebon kepada Kabupaten Kuningan periode tahun anggaran 2019.

Kehadiran Toto diterima langsung oleh Kepala Kantor Bea dan Cukai Cirebon, Agung Saptono dengan didampingi oleh Kepala Seksi P2, Kepala Seksi KIP, Kepala Subseksi Penindakan dan Sarana Operasi, serta Kepala Subseksi Penyuluhan dan Layanan Informasi. Di kesempatan tersebut, Agung Saptono menyampaikan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 222/PMK.07/2017 dan UU Nomor 28 Tahun 2009 sebagai dasar hukum dan peraturan dalam pemanfaatan DBHCHT dan pemanfaatan Pajak Rokok oleh Pemerintah Daerah.

Lebih lanjut, disampaikan pula langkah-langkah yang dapat dijalankan oleh Pemda dalam memaksimalkan dan mengawasi penggunaan DBHCHT serta Pajak Rokok. Diungkapkan Agung bahwa dalam peraturan pemanfaatan DBHCHT dan Pajak Rokok, terdapat irisan dengan tugas dan fungsi DJBC dalam melawan peredaran BKC ilegal, yaitu sosialisasi peraturan cukai dan pemberantasan BKC ilegal.

Diharapkan, dengan penggunaan DBHCHT dan Pajak Rokok secara cermat dan tepat akan dapat turut menekan peredaran rokok ilegal di wilayah kerja Kantor Bea dan Cukai Cirebon, sejalan dengan target yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan. Sedangkan pemanfaatan DBHCHT lainnya, yaitu program peningkatan kualitas bahan baku (pertanian tembakau), pembinaan industri dan lingkungan sosial, akan berdampak meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

Pada kesempatan ini, Bea dan Cukai Cirebon sekaligus memfasilitasi pertemuan antara pimpinan Perusahaan Rokok Makmur dari Indramayu dengan Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten Kuningan. Hal tersebut lantaran pimpinan perusahaan itu menyatakan akan mengembangkan usahanya dalam waktu dekat di wilayah Kabupaten Kuningan.

Pada akhir pertemuan, Toto Toharudin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya karena telah mendapatkan asistensi. Ia juga menyatakan pihaknya akan mengundang Bea dan Cukai Cirebon dalam forum yang lebih besar di Kabupaten Kuningan bersama Bupati, Sekretaris Daerah dan pengelola anggaran di Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Kegiatan asistensi terkait DBHCHT dan pajak rokok merupakan agenda rutin KPPBC TMP C Cirebon. Melalui Subseksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, kegiatan tersebut dilakukan di pemerintah kota/daerah lain di wilayah Ciayumajakuning. (*)

 

 

- KPPBC Tipe Madya Pabean C Cirebon

RELATED POSTS

)