Sedang Memuat...

Bea Cukai Lampung Memberikan Penghargaan kepada 2 Pengguna Jasa Barang Kiriman Pos Impor yang Berkontribusi Terbesar terhadap Penerimaan Bea Masuk dan Pajak Impor

Bandar Lampung, 24 Oktober 2018. Bea Cukai Lampung mengadakan sosialisasi terkait peraturan baru tentang Ketentuan Impor Barang Kiriman. Peraturan ini adalah Peraturan Menteri Keuangan Nomor 112/PMK.04/2018 yang mengatur tentang perubahan atas PMK Nomor 182/PMK.04/2018 tentang Ketentuan Impor Barang Kiriman.

Peraturan ini menerapkan beberapa perubahan antara lain tentang penurunan de minimus value dari 100USD ke 75USD, penerapan anti splitting, pembetulan Surat Penetapan Pembayaran Bea Masuk, Cukai, dan/atau Pajak (SPPBMCP), formulir pengembalian barang, dan relaksasi kelengkapan data BC 1.1 dan BC 1.4. Dengan adanya perubahan ketentuan ini, diharapkan dapat mengurangi tindakan fraud yang dilakukan oleh pihak-pihak yang “nakal”, karena hal ini sering terjadi dengan modus memecah dokumen.

Sosialisasi ini dilakukan bertempat di Kantor Bea Cukai Bandar Lampung tepatnya diruang rapat besar (media center) dan dihadiri oleh beberapa peserta yang statusnya adalah pengguna jasa. Para tamu undangan ini dipilih berdasarkan data historis pengguna jasa yang paling sering melakukan impor barang kiriman melalui jasa Pos Indonesia wilayah Lampung. Semangat antusiasme para undangan ditunjukkan dengan datang tepat waktu saat acara sosialisasi dimulai.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Kantor Bea Cukai Bandar Lampung, Muhammad Hilal Nur Sholihin dan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan berupa plakat kepada Yap Lin Fung dan Reta Devi. Penghargaan ini diberikan kepada pengguna jasa yang memiliki kontribusi terbesar terhadap penerimaan bea masuk dan pajak impor sejak Januari hingga Oktober 2018. Acara dilanjutkan dengan pembahasan materi terkait peraturan baru dan dibawakan oleh Budhi Irawan selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai IV. Setelah pembahasan materi, selanjutnya yaitu acara tanya jawab. Para peserta pun langsung bertanya terkait berlakunya peraturan baru ini dan menyampaikan saran dan keluhan selama mereka melaksanakan impor barang kiriman dari luar negeri lewat pos.

Acara ini ditutup dengan acara ramah tamah antar pegawai dengan para undangan dan dilanjutkan dengan foto bersama. Semoga dengan diadakannya acara sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan pengguna jasa dan pegawai Bea Cukai itu sendiri khususnya terkait Peraturan Impor Barang Kiriman yang terbaru. Bea Cukai... Makin Baik...

- KPPBC Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung

RELATED POSTS

)