Sedang Memuat...

DI PENGHUJUNG TAHUN 2018, BEA JUANDA BERHASIL MENGGAGALKAN UPAYA PENYELUNDUPAN SABU-SABU SEBERAT HAMPIR TIGA KILOGRAM

Jum’at, 28 Desember 2018 Bea Cukai Juanda mengadakan Press Conference Penggagalan Penyelundupan Narkotika, Psikotropika dan Prekursor (NPP).

Penumpang berinisial WSP (29Th), Laki-laki, WNA Malaysia dengan pesawat Air Asia (QZ-321) rute Kuala Lumpur (KUL) – Surabaya (SUB) didapati membawa koper  berisi berbagai macam snack (makanan) yang didalamnya ditemukan benda berupa kristal putih yang dimasukkan ke dalam bungkus makanan berupa snack pringless dan milo. Atas ketidakwajaran tersebut, petugas membuka semua makanan yang ada di dalam koper tersebut dan kedapatan 6 bungkus kristal putih dengan berat bruto ± 2.840 gr (dua ribu delapan ratus empat puluh gram) yang berisi Narkoba Jenis Methamphetamine/Sabu.

Berdasarkan UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Penyelundupan Narkotika Golongan I ke Indonesia merupakan pelanggaran pidanayang sesuai Pasal 113 ayat2, pelaku diancam dipidana dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambah 1/3 (sepertiga)”.

Berdasarkan Undang-Undang Kepabeanan Nomor 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan, pada Pasal 102disebutkan bahwa setiap orang yang melakukan penyelundupan barang impor dipidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp. 50.000.000,- dan paling banyak Rp. 5.000.000.000,-.

Penggagalan upaya penyelundupan Narkotika dengan total bruto ± 2.840 gr (dua ribu delapan ratus empat puluh gram) ini telah menyelamatkan 14.200 (empat belas ribu dua ratus) jiwa generasi muda Indonesia dengan perhitungan 1 gram Narkotika dikonsumsi oleh 5 orang. Penggagalan upaya penyeludupan Narkotika Golongan I ini merupakan kerjasama yang baik dan terintegrasi antara Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (CNT KPPBC Tipe Madya Pabean Juanda, Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur I, dan Laboratorium Bea Cukai BPIB Tipe B Surabaya), Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Timur, Imigrasi Bandara Juanda dan Pengamanan Bandara (LANUDAL, POM AL dan Avsec PT. Angkasa Pura I).

<

<

<

<

- KPPBC Tipe Madya Pabean Juanda

RELATED POSTS

)