Sedang Memuat...

HUMAS JATIM II BERKUMPUL DALAM LOKAKARYA

Malang, Suara tawa dan riang menghias Aula Kanwil Jatim II dalam acara lokakarya komunikasi melalui website dan media sosial, acara yang diselenggarakan selama 3 hari ini (5 s.d 7/02) diikuti pegawai seluruh satker Kanwil DJBC Jatim II pada bidang hubungan masyarakat dan layanan informasi. acara dibuka oleh Plh. Kakanwil Koento Wijanarko, dalam sambutannya koento manyampaikan diera digital ini layanan informasi kepada masyarakat lebih efektif melalui dunia maya sehingga lokakarya ini dapat dimanfaatkan oleh pegawai dalam menyebarkan berita positif DJBC kepada nitizen.

Hari pertama peserta dibekali materi yaitu cara menulis berita yang disampaikan oleh pemateri dari humas bc pusat yella meisha diantama, yella menjelaskan cara-cara penulisan berita jurnalistik mulai judul, lead, body sampai dengan penutup. Yella menambahkan perbanyak kata-kata yang mengundang para pembaca tertarik untuk membaca tulisan kita terutama dibagian judul sehingga pesan yang ingin kita sampaikan didalam tulisan kita dapat langsung dimengerti oleh pembaca. Selanjutnya materi kedua yang disampaikan oleh Okta Anang tentang pengelolaan website dan akun media sosial, okta menjelaskan sejak pemberitaan melalui media sosial menjadi trend kita harus pandai memanage akun-akun medsos kantor dengan smart baik itu facebook, instagram dan akun medsos lainnya, berita negatif tentang bea cukai  dalam hitungan jam bisa menjadi viral didunia maya sedangkan berita positif bea cukai kita harus memposting ratusan postingan belum tentu viral dalam hitungan jam. Penanganan Crisis di medsos menjadi topik utama pada materi ini, okta menambahkan cara penanganan crisis dan cara menghadapinya. Sikap sabar harus dimiliki oleh para admin akun medsos kantor, ujar okta

Hari kedua pemateri Moch. Ardani memaparkan dasar-dasar fotografi jurnalistik, dalam materinya pemateri yang akrab disapa mas ardani ini menjelaskan cara-cara pengaturan kamera agar hasil dari shoot bisa lebih maksimal terutama cara mengatur diafragma, speed, dan ISO pada kamera. Untuk acara internal kita ardani menambahkan dalam mengabadikan acara untuk keperluan pemberitaan cukup dengan ambil foto suasana, foto bintang utama dan foto puncak acara. Jangan lupa 3 kata sakti dalam dunia fotografi jurnalistik yaitu Permisi, Mohon maaf dan terima kasih, imbuh ardani. Selanjutnya tatkala menarik pemateri Jodie Umbara memberikan materi teknik pengambilan video, jodie memaparkan cara pengambilan video untuk keperluan newsclip serta kiat-kiat agar video yang kita hasilkan nanti dapat dipahami masyarakat walaupun dalam durasi yang sangat singkat. Ambil video sebanyak-banyaknya dan tak boleh kurang dari 15 detik, papar jodie.

Hari ketiga peserta melakukan praktek pengambilan foto dan video dalam simulasi press conference yang telah disediakan panitia. Peserta sangat antusias dalam sesi praktek ini, selanjutnya peserta diharuskan mengeluarkan output dari simulasi ini berupa berita, foto, serta newsclip. Selanjutnya masih dengan pemateri jodie para peserta diberikan materi video editing dari hasil pengambilan video pada sesi praktek.

Kakanwil Jatim II Agus Hermawan sebelum memberikan ceramah current issue menyempatkan diri melihat newsclip hasil editan peserta, dalam ceramahnya Agus menjelaskan jadilah nitizen cerdas dan bijak untuk bea cukai makin baik serta saat intitusi kita menghadapi krisis pegawai bea cukai diharapkan ikut serta dengan ikutlah memberikan komentar dengan tujuan memberikan pencerahan, jangan membuka atau membagikan link berita negatif serta review bintang 5 ke akun fb beacukai. Agus juga mengapresiasi dengan adanya penyelenggaraan lokakarya ini dan diharapkan para peserta dapat membagi ilmu kepada pegawai bea cukai lainnya.


- Kanwil DJBC Jawa Timur II

RELATED POSTS

)