Sedang Memuat...

Jalankan Tugas Sebagai Community Protector, Bea Cukai Sintete Musnahkan Barang Hasil Penindakan

Sintete (31/10/2018) - Bea Cukai Sintete menggelar pemusnahan barang hasil penindakan di halaman KPPBC TMP C Sintete yang diikuti oleh beberapa instansi seperti Kanwil DJBC Kalbagbar, KPKNL Singkawang, Polsek Semparuk dan beberapa instansi di lingkungan Pelabuhan Sintete. Barang - barang yang dimusnahkan adalah hasil dari patroli darat dan pengawasan arus lalu lintas barang penumpang pada Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk dan operasi pasar di wilayah Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sambas.

Barang barang hasil penindakan berupa barang kena cukai hasil tembakau dan minuman mengandung etil alkohol tersebut melanggar ketentuan Pasal 54 Undang-undang Nomor 39 tahun 2007 tentang Perubahan Undang-undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai, yaitu menawarkan, menyerahkan, menjual atau menyediakan untuk dijual barang kena cukai yang tidak dikemas untuk penjualan eceran atau tidak dilekati pita cukai atau tidak dibubuhi tanda pelunasan cukai lainnya. Setelah dilakukan penindakan dan penegahan, maka barang-barang illegal tersebut dijadikan BMN melalui Surat Keputusan Kepala Kantor Bea Cukai Sintete, dan kemudian diajukan permohonan pemusnahan BMN kepada Menteri Keuangan c.q. Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Singkawang.

Acara pemusnahan diawali dengan sambutan Kepala KPPBC TMP C Sintete sekaligus Press Release terkait pemusnahan barang hasil penindakan tersebut. “Barang yang dimusnahkan meliputi 5 laptop, 7 unit handphone, 2 mesin chainsaw, 129.130 batang rokok, 165 liter minuman alkohol dan masih banyak lagi, total potensi kerugian negara yang diselamatkan sebesar Rp 65.295.130,00 “Kata Achmat Wahyudi". Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antar instansi pemerintah dalam mengamankan hak-hak penerimaan negara dan melindungi negara dari peredaran barang-barang ilegal.

 

 

 

- KPPBC Tipe Madya Pabean C Sintete

RELATED POSTS

)