Sedang Memuat...

Kanwil DJBC Bali, NTB, dan NTT menerima Study Visit tentang PLB dari Biro Administrasi Perekonomian Pemprov Jawa Timur

Di penghujung tahun 2018 lalu, Kantor Wilayah DJBC Bali, NTB, dan NTT serta KPPBC Tipe Madya Pabean (TMP) A Denpasar mendapatkan kunjungan kerja dari Biro Administrasi Perekonomian, Sekretariat Daerah, Provinsi Jawa Timur, dalam rangka study visit tentang Pusat Logistik Berikat.   Kegiatan study visit ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk persiapan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mengembangkan Pusat Logistik berikat di daerahnya.

Beberapa pejabat yang hadir dari Pemprov Jawa Timur dalam kegiatan study visit ini antara lain Kepala Bagian Badan Usaha Milik Daerah, Kepala Bagian Analisis Makro Ekonomi, Sarana Perekonomian, Perindustrian dan Perdagangan, serta perwakilan dari Bagian Penanaman Modal dan  Perindustrian, Biro Administrasi Perekonomian, Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sedangkan dari Kanwil DJBC Bali, NTB, dan NTT diwakili  oleh  Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan, Plh. Kepala Kantor TMP A Denpasar, serta beberapa Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dari KPPBC TMP A Denpasar.

Bertempat di Aula KPPBC TMP A Denpasar, kegiatan study visit ini diawali dengan pemaparan dari Bp. Sulaiman (Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan) tentang konsepsi PLB,  dilanjutkan dengan pemaparan dari Bp. Aries Wijanarko (Plh. Kepala Kantor TMP A Denpasar) mengenai jenis-jenis PLB, dan persyaratan pendirian PLB. Pada sesi diskusi,  rekan-rekan dari Biro Administrasi Perekonomian justru tertarik mengenai penjelasan tentang jenis-jenis PLB. Mereka terkejut bahwa ternyata cukup banyak jenis-jenis PLB yang dapat diberikan fasilitas kepabeanan oleh DJBC, karena persepsi yang ada selama ini PLB  hanya untuk perusahaan tekstil saja.

Selain penjelasan dari DJBC, pada kegiatan studi visit ini turut dihadiri oleh Bp.Komang Bawe selaku Direktur PT Khrisna Cargo (Pengusaha PLB di Bali) yang menyampaikan tentang bisnis PLB di Bali. Selain itu hadir pula ibu Linda, Direktur PT InduComp Dewata, selaku perusahaan KITE IKM yang memanfaatkan fasilitas PLB untuk memudahkan rantai logistik produksinya. Kedua perusahaan ini juga menyampaikan testimoni mengenai berbagai kemudahan di bidang kepabeanan dan perpajakan yang didapatkan oleh perusahaan, pelayanan DJBC yang “bersih” dan pro-aktif membantu pengguna jasa, serta manfaat finansial yang diperoleh oleh perusahaan KITE IKM setelah menggunakan fasilitas impor dari PLB.

Kegiatan study visit ini diakhiri dengan kunjungan rekan-rekan dari Biro Administrasi Perekonomian ke Gudang PLB PT Khrisna Cargo di Pelabuhan Benoa Bali dengan didampingi oleh tim dari KPPBC TMP A Denpasar,  untuk memberikan gambaran nyata di lapangan tentang luas wilayah gudang PLB, bagaimana proses bongkar muat di PLB, dan perbedaan layanan PLB dengan impor biasa.

#tradefacilitator

#industrialassistance

#beacukaibalinusra

#beacukaimakinbaik

 

 

 

- Kantor Wilayah DJBC Bali NTB dan NTT

RELATED POSTS

)