Sedang Memuat...

Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Selenggarakan "Facility Class" Sebagai Sarana Edukasi Penerima Fasilitas KITE

Semarang (31/10/2018) - Dalam rangka memberikan bimbingan teknis dan kepatuhan kepada penerima fasilitas KITE, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY kembali menyelenggarakan kegiatan Facility Class atau Kelas Fasilitas pada hari Rabu, 31 Oktober 2018, bertempat di Ruang Rapat Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY. Facility Class kali ini diikuti 7 perusahaan penerima fasilitas dengan didampingi oleh para narasumber dan tim dari Kanwil Bea Cukai Jateng DIY.

Kegiatan Facility Class dibuka dengan sambutan dari Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Juli Tri Kisworini mewakili Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Facility Class diadakan dengan harapan perusahaan - perusahaan penerima fasilitas kedepannya tidak lagi mengalami kendala maupun permasalahan yang dapat mengakibatkan timbulnya tagihan. Beliau juga menjelaskan bahwa, sebelum adanya kegiatan ini, banyak perusahaan mendapatkan tagihan dalam jumlah besar, akibat dari ketidaktahuan akan ketentuan mengenai fasilitas yang didapatkan. Sehingga beliau pun berpesan, agar segala permasalahan yang ditemui oleh perusahaan segera dibicarakan atau ditanyakan kepada petugas Bea Cukai agar segera teratasi dan terhindar dari tagihan ataupun denda.

Selain membuka kegiatan Facility Class, Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Juli Tri Kisworini, beliau juga menyampaikan pemaparan materi terkait fasilitas KITE mulai dari peraturan terkait KITE, jenis - jenis fasilitas, periode pembebasan, dan sekilas mengenai konversi hingga laporan pertanggungjawaban (BCLKT).

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi petunjuk teknis pembuatan laporan konversi, mulai dari format penulisan laporan hingga tata cara pengisian, serta contoh penyampaian laporan konversi yang baik dan benar oleh salah satu Staf Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Aprilyan Shelfiana Dharmayanti.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang kemudian acara ditutup oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Juli Tri Kisworini. Beliau pun menegaskan kembali agar seluruh perusahaan tidak perlu lagi merasa takut, malu ataupun malas untuk selalu menjalin komunikasi dengan Bea Cukai. "Tidak dipungut biaya !", demikian pungkasnya.

 

- Kanwil DJBC Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta

RELATED POSTS

)