Sedang Memuat...

KPPBC TMP C Meulaboh adakan Sosialisasi Pengenaan Tarif Cukai HPTL

Meulaboh- Jum’at, 12 Oktober 2018, bertempat di Café Chaplin, Jl Manek Roo, Meulaboh, KPPBC TMP C Meulaboh mengadakan sosialisasi dengan tema “Sosialisasi Pengenaan Tarif Cukai HPTL” yang secara khusus membahas mengenai liquid vape pada pukul 20.00 WIB. Sosialisasi ini mengundang Kepala Seksi Perijinan dan Fasilitas II Kantor Wilayah DJBC Aceh, Hantyo Pranolo sebagai narasumber. Sosialisai selain dihadiri para pengusaha vape dari berbagai usia, juga disaksikan oleh masyarakat  yang sedang berkunjung ke café.

Sehubungan dengan PMK 146/PMK.01/2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau, penerapan pengenaan tarif cukai berlaku mulai 1 Juli 2018. Namun, mengingat liquid vape merupakan industri baru yang diperlukan persiapan instrumen hukum terkait dengan perizinan dan bentuk perdagangannya, sehingga permberlakuan pengenaan cukai dalam bentuk pelekatan pita cukai diberikan relaksasi hingga 1 Oktober 2018.

Dengan berakhirnya masa relaksasi, maka semua liquid vape yang beredar atau dijual/ditawarkan harus sudah dilekati pita cukai asli yang sesuai dengan peruntukannya dan pelekatannya juga sudah memenuhi ketentuan yang berlaku.

Selain itu, kegiatan sosialisai juga diisi dengan pertunjukan band akustik dari pegawai KPPBC TMP C Meulaboh dan stand-up comedy oleh komunitas dari Banda Aceh dan Meulaboh.

- Kanwil DJBC Aceh

RELATED POSTS

)