Sedang Memuat...

MONEV TPB, UPAYA BEA CUKAI PASTIKAN PEMENUHAN KETENTUAN

Semarang,(08/01) – Fasilitas Kepabeanan adalah pemberian insentif oleh DJBC berkaitan dengan kegiatan ekspor-impor yang akan memberikan manfaat bagi perekonomian nasional dengan Tempat Penimbunan Berikat (TPB) sebagai salah satu jenisnya. Dalam pelaksanaannya, pemberian fasilitas TPB ini mengandung konsekuensi adanya kewajiban–kewajiban yang harus dipenuhi perusahaan penerima sesuai dengan aturan ketentuan yang berlaku. Untuk menguji dan menilai pemenuhan kewajiban tersebut mekanisme monitoring dan evaluasi (Monev) dilakukan secara periodik (semesteran). Untuk Monev TPB periode semester II tahun 2018, Bea Cukai Semarang mengadakan rapat pembahasan pada hari Selasa, 8 Januari 2019 bertempat di Ruang Rapat Lantai 4 Kantor Bea Cukai Semarang dengan dihadiri seluruh tim monev TPB dipimpin oleh Kepala Kantor Bea Cukai Semarang.

Hasil pemantauan dan penelitian kembali mengenai pemenuhan kewajiban yang meliputi IT Inventory, CCTV, persyaratan fisik, ruangan dan sarana kerja Hanggar atas seluruh perusahaan TPB dipaparkan di forum rapat yang kemudian dibahas bersama untuk mendapatkan kesimpulan yang terukur dan komprehensif. Terhadap temuan kendala di lapangan yang memerlukan perbaikan dari internal pihak Bea Cukai, dirumuskan beberapa usulan perbaikan yang akan disampaikan ke Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Sedangkan untuk adanya temuan permasalahan yang terkait dengan perusahaan TPB, akan menjadi bahan kegiatan pembinaan dan asistensi oleh Bea Cukai Semarang.

Monev TPB ini akan menghasilkan penilaian berupa profil perusahaan dan secara manajemen risiko dapat digunakan Bea Cukai sebagai acuan dalam melakukan pelayanan dan pengawasan. Diharapkan melalui Kegiatan monev TPB ini, peran Bea Cukai sebagai Industrial assistance dapat dilaksanakan secara optimal, sehingga dapat mewujudkan kepatuhan pengguna jasa yang tinggi yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian Indonesia.

Bea Cukai Makin Baik.

Bea Cukai Semarang, Lebih Fokus Lebih Baik.

 

- KPPBC Tipe Madya Pabean A Semarang

RELATED POSTS

)