Sedang Memuat...

SOSIALISASI DAN IDENTIFIKASI PELATIHAN KEASLIAN PITA DESAIN TAHUN 2018 DENGAN SISTEM TOT DI LINGKUNGAN DJBC KALIMANTAN BAGIAN TIMUR

BALIKPAPAN (01/02) Cukai adalah pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakteristik yang ditetapkan dalam Undang-undang nomor 39 tahun 2007. DJBC adalah tokoh utama dalam melakukan fungsi pengawasan terhadap barang kena cukai. Di era perdagangan yang semakin luas ini, untuk menghindari bererdarnya barang kena cukai yang tidak terkontrol di masyarakat, salah satu strategi yang dilakukan oleh DJBC yaitu menggunakan desain  pita cukai yang diganti setiap tahunnya dan memiliki karakteristik sulit dipalsu namun mudah diidentifikasi. Maka dari itu perlu diadakan sosialisasi dan pelatihan identifikasi keaslian pita cukai tahun 2018.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Timur, Agus Sudarmadi dan dihadiri oleh 10 satuan kerja, antara lain Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Timur, Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Selatan, KPPBC TMP B Balikpapan, KPPBC TMP B Samarinda, KPPBC TMP B  Banjarmasin, KPPBC TMP C Bontang, KPPBC TMP C Sangatta, KPPBC TMP C Nunukan, dan KPPBC TMP C Kotabaru. “Cukai itu harus diawasi bersama, tidak hanya oleh bidang Penindakan dan Penyidikan” Pungkas Kepala Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Timur, Agus Sudarmadi.

Pelatihan identifikasi keaslian pita cukai tahun 2018 dangan sistem Training of Trainer (TOT) dipimpin oleh Tim Konsorsium yang terdiri dari PERURI, PT. Pura Nusapersada, dan PT. Kertas Padalarang. Selain memberikan materi, Tim Konsorsium juga menunjukkan cara mengidentifikasi keaslian pita cukai tahun 2018 dengan berbagai macam alat peraga seperti kaca pembesar, lampu ultraviolet, alat uji elektronik, jarum dan cairan kimia yang diikuti oleh seluruh peserta.

Adanya sosialisasi ini diharapkan dapat membantu dan  meningkatkan kemampuan pegawai DJBC dalam mengidentifikasi keaslian pita cukai tahun 2018. ”sehubungan dengan tema tahun ini yang merupakan tahun pengawasan, maka kegiatan ini dianggap penting untuk melakukan pengawasan di bidang cukai.” tegas Agus Sudarmadi.

- Kanwil DJBC Kalimantan Bagian Timur

RELATED POSTS

)