Sedang Memuat...

SOSIALISASI PMK 229 TENTANG TATA CARA PENGENAAN TARIF BEA MASUK BARANG IMPOR BERDASARKAN PERJANJIAN ATAU KESEPAKATAN INTERNASIONAL

Tanjung Perak, SurabayaKantor Bea Cukai Tanjung Perak melakukan sosialisasi mengenai PMK 229/PMK.04/2017 tentang Tata Cara Pengenaan Tarif Bea Masuk Barang Impor Berdasarkan Perjanjian atau Kesepakatan Internasional.Acara sosialisasi ini bertempat di ruang auditorium Kantor Bea Cukai Perak pada hari Kamis, 1 Februari 2018. Adapun Pembicara pada acara sosialisasi ini adalah PFPD , Akwan dan Kepala Seksi PKC 3, Idrus Nurdiyanto.

Sebelum menginjak ke acara utama yaitu sosialisasi PMK 229, Kepala seksi Kepatuhan Internal, Didiek Kurniawan memberikan materi Pengendalian Gratifikasi dan Whistle Blowing. Dalam kesempatan ini beliau menegaskan bahwa dari pihak bea Cukai tidak menerima pemberian dari importir maupun pengguna jasa yang bertujuan untuk memperlancar pelayanan barang milik mereka, hal ini merupakan bukti nyata penerapan nilai-nilai kementerian keuangan untuk selalu menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme dalam pelayanan.

Terhitung mulai tanggal 28 Januari 2018, Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 229/PMK.04/2017 tentang Tata Cara Pengenaan Tarif Bea Masuk atas Barang Impor berdasarkan Perjanjian atau Kesepakatan Internasional resmi berlaku. Peraturan dimaksud memuat mengenai tarif preferensi dan ketentuan asal barang, kriteria asal barang, kriteria pengiriman, ketentuan prosedural, ketentuan sanksi, dan ketentuan lain-lain.

Antusiasme para Importir dan PPJK terlihat begitu besar, hal ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah peserta yang hadir pada acara ini yaitu sekitar 250 orang. Tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah agar pengguna jasa mempunyai pemahaman yang baik terkait PMK 229/PMK.04/2017, sehingga kedepan dalam penerapan pelaksanaan ketentuan ini dapat berjalan dengan baik.

 

 

#beacukaimakinbaik #beacukaiindonesia #bcperak

(PLI Kantor Bea Cukai Tanjung Perak)

Dokumentasi Kegiatan :

 

 

- KPPBC Tipe Madya Pabean Tanjung Perak

RELATED POSTS

)