Sedang Memuat...

SOSIALISASIKAN ATURAN BARU, BEA CUKAI MATARAM MENGADAKAN CUSTOMS WEEK DI BANDARA INTERNASIONAL LOMBOK

Mataram (05/02/2018) Pada tanggal 30 Januari – 1 Februari 2018, KPPBC Tipe Madya Pabean C Mataram mengadakan sosialisasi peraturan impor barang penumpang dan awak sarana pengangkut bertempat di Terminal Keberangkatan Bandara Internasional Lombok. Kegiatan yang dinamai “Customs Week” ini bertujuan untuk menyampaikan informasi terbaru khususnya yang terkait dengan pembawaan obat-obatan, peralatan elektronik, mainan anak-anak dan batasan barang yang tidak dikenai Bea Masuk dan Pajak dalam rangka impor lainnya bertepatan dengan peringatan hari Pabean Internasional yang jatuh pada tanggal 26 Januari setiap tahun.

Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Mataram, M. Budi Iswantoro menyatakan bahwa kegiatan Customs Week merupakan upaya proaktif Bea Cukai agar penumpang dan awak maskapai penerbangan internasional memahami ketentuan Kepabeanan yang baru sehingga resistensi pengguna jasa ketika tiba kembali ke tanah air dari berpergian dapat diminimalisir. “Dengan diberlakukannya aturan baru tentang impor barang yang dibawa oleh penumpang dan juga aturan titipan dari instansi lain terkait pembawaan obat-obatan dan mainan anak, penumpang perlu mengetahui hal tersebut sehingga persyaratan pembawaan barang bisa terpenuhi saat tiba dan tidak perlu ditegah oleh Bea Cukai dimana hal ini tentu menimbulkan ketidakefisiensian. “Sebagai contoh penindakan komoditas telepon genggam mencapai lebih dari 600 pada tahun 2017” tambah Budi.

Selain aturan baru, KPPBC Mataram juga memperkenalkan tugas pokok dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai melalui penayangan video-video di booth layanan informasi.

 

- KPPBC Tipe Madya Pabean C Mataram

RELATED POSTS

)