09 Desember 2019

Popular News

img

Bea Cukai Jateng DIY Sosialisasikan Tata Cara Penilaian Kualitas Kontrak Kinerja

LAIN-LAIN

SEMARANG (26/11) – Untuk menyamakan persepsi terkait tata cara penilaian Kualitas Kontrak Kinerja (K3), pada Senin, 25 November 2019 dilaksanakan kegiatan sosialisasi yang bertempat di ruang rapat Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY. Kegiatan dengan narasumber dari Bidang Kepatuhan Internal ini diikuti oleh perwakilan seluruh satuan kerja (satker) vertikal di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY.

Kepala Bidang Kepatuhan Internal Yacobus Agus Wahyudiono mengingatkan agar seluruh satker dapat mengisi penilaian K3 maksimal tanggal 4 Desember 2019 meskipun dalam nota dinas Dit. KI batas maksimalnya tanggal 31 Desember 2019. Selain itu Yacobus juga menambahkan agar melaksanakan evaluasi atas komponen KK dan K3 yang diinput di aplikasi e-performance guna mengantisipasi kesalahan pengisian komponen KK atau K3 terutama pada validitas dan tingkat kendalinya. Mengakhiri sambutannya, Yacobus meminta agar masing-masing satker membuat Indikator Kinerja Utama (IKU) yang menantang di tahun 2020. “Buat IKU yang challenging namun tetap dapat dicapai sesuai prinsip pembuatan IKU yaitu SMART-C. Hal ini agar unit KI khususnya dan Satker pada umumnya dapat melakukan extra effort yang dapat membantu perkembangan dan kemajuan Satker tersebut”, pungkasnya.

Berbagai upaya dilakukan guna meningkatkan penilaian terhadap kualitas IKU, diantaranya mengutamakan IKU yang mengukur ouput dan oucome sehingga menggambarkan keberhasilan pencapaian sasaran strategis dari suatu pekerjaan, menetapkan IKU yang mengukur kualitas/mutu, dan mengukur kecepatan penyelesaian pekerjaan sesuai standar waktu yang ditetapkan. Diharapkan dari sosialisasi ini, penilaian terhadap kualitas kontrak kinerja pegawai dapat dilaksanakan dengan maksimal yang nantinya dapat menggambarkan baik kinerja individu pegawai maupun organisasi.