09 Desember 2019

Popular News

img

Cek Lokasi Permohonan Penambahan Luas PT. Aneka Tuna Indonesia, Bea Cukai Pasuruan Berkomitmen Memberikan Yang Terbaik

FASILITAS

Pasuruan (25/11) – Sejalan dengan peningkatan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa, Bea Cukai Pasuruan mengadakan pemeriksaan lokasi dan penelitian kelengkapan dokumen terhadap PT. Aneka Tuna Indonesia yang beralamat di Jalan Surabaya - Malang Km. 38 Gempol, Pasuruan terkait dengan pengajuan permohonan penambahan luas Kawasan Berikat tidak dalam satu hamparan pada hari Jumat, 22 November 2019.

Tim yang melakukan pemeriksaan lokasi terdiri dari Kepala Seksi PKC II, Wahyu Catur Gunawan dan staf seksi perizinan, Gito Wahyu Hidayat. PT. Aneka Tuna Indonesia didirikan pada Oktober 1991, sebagai perusahaan gabungan antara Itochu Corporation, Hagoromo Foods Corporation selaku pemilik merk tuna terkemuka di Jepang, dan satu perusahaan asing lainnya yang bergerak produksi dan penjualan tuna kaleng.

Penambahan luas PT. Aneka Tuna Indonesia ini dilakukan karena kapasitas tempat penimbunan bahan baku dan/atau hasil produksi di dalam kawasan berikat PT. Aneka Tuna Indonesia tidak lagi mencukupi dan mengingat bahan baku PT. Aneka Tuna Indonesia membutuhkan tempat penimbunan khusus (cold storage) sehingga PT. Aneka Tuna Indonesia mengajukan perluasan berstatus sewa terhadap PT. Kiat Ananda Cold Storage.

Sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor PER-19/BC/2018 tentang Tata Laksana Kawasan Berikat yang tercantum pada pasal 12 ayat 3, disebutkan bahwa Kepala Kantor Wilayah atau Kepala Kantor Pelayanan Utama atas nama Menteri dapat memberikan izin penambahan lokasi Kawasan Berikat tidak dalam 1 (satu) hamparan untuk keperluan penimbunan Bahan Baku dan/atau barang Hasil Produksi berdasarkan permohonan Pengusaha Kawasan Berikat atau PDKB.

Dengan adanya kegiatan pemeriksaan lokasi ini, diharapkan dapat meningkatkan iklim investasi positif di Indonesia serta sebagai bentuk pelaksanaan komitmen Bea Cukai Pasuruan dalam melayani masyarakat untuk mewujudkan Bea Cukai Makin Baik.