09 Desember 2019

Popular News

img

DENGAN JOINT PROGRAM, BEA CUKAI DAN PAJAK TINGKATKAN PENGAWASAN EKSPOR IMPOR EMAS

PENGAWASAN

Sidoarjo (25/11/2019) - Dalam rangka upaya peningkatan pengawasan terhadap peredaran Emas baik yang di ekspor maupun di impor, pagi ini Bea Cukai Juanda menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) di Aula Kantor dengan mengambil tema “Proses Bisnis Emas”. Acara ini dihadiri oleh perwakilan beberapa Kantor Pajak di bawah Wilayah Kerja Kanwil DJP Jawa Timur I, II, dan III, perwakilan dari Kanwil DJBC Jawa Timur I dan II, serta perwakilan PT. ANTAM Tbk yang sekaligus menjadi narasumber. Acara ini merupakan lanjutan wujud program sinergi atau joint program antara Bea Cukai dan Pajak.

   
 

Di sesi pembukaan, Kepala Kantor Bea Cukai Juanda Budi Harjanto menyampaikan sambutannya, dilanjutkan dengan presentasi singkat terkait kinerja Bea Cukai Juanda dalam melakukan pengawasan dan pelayanan kegiatan ekspor dan impor emas. Budi Harjanto dalam presentasinya menjelaskan bahwa PT. ANTAM Tbk merupakan salah satu perusahaan BUMN yang diberikan mandat untuk melakukan pengelolaan tambang emas di Indonesia. Kegiatan ekspor dan impor emas sebagian besar dilakukan melalui Bandara Internasional Juanda, sebagian kecil lainnya melalui Jakarta.

       

Beberapa poin penting dibahas pada sesi diskusi berkenaan dengan kondisi dan peredaran emas di Indonesia saat ini. Maraknya isu penambangan emas ilegal, isu peredaran emas impor, dan poin pembahasan lainnya menjadi perhatian utama para peserta forum yang kemudian dikaitkan dengan potensi penerimaan negara. Dengan sistem dan program-program sinergi yang sudah terjalin dan up to date, diharapkan Bea Cukai dan Pajak dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dan pengawasan, khususnya dalam menangani peredaran emas di Indonesia.