09 Desember 2019

Popular News

img

Identifikasi Proses Customs Clearance, Departemen Bea dan Cukai Hong Kong Kunjungi Perusahaan AEO

FASILITAS

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, Finari Manan menerima kunjungan dari Petugas Departemen Bea dan Cukai Hong Kong pada hari Jumat, 22 November 2019.

Delegasi tersebut terdiri dari James Chui sebagai Kepala Kantor Manajemen Keamanan Rantai Pasokan, William WP Tang dan Alfred Wong sebagai Inspektur Senior Kantor Manajemen Keamanan Rantai Pasokan. Delegasi tersebut juga didampingi oleh Kepala Subdirektorat Program Prioritas  dan AEO Weko Loekitardjo, dan Kepala Seksi Sertifikasi AEO Albert Simorangkir.

Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk melakukan validasi bersama ke terminal kargo di bandara Soekarno Hatta. Delegasi akan mengidentifikasi proses dan fasilitas bea cukai yang telah diberikan kepada Perusahaan Authorized Economic Operator (AEO).

Finari Manan menyatakan bahwa Pabean Soekarno-Hatta akan selalu mempromosikan program AEO kepada perusahaan-perusahaan terutama sebagai pemangku kepentingan Pabean Soekarno-Hatta sehingga mudah-mudahan jumlah perusahaan AEO akan meningkat di masa depan.

Hingga kini, ada banyak Perusahaan Gudang atau Penyimpanan Sementara yang telah diberikan sebagai AEO di wilayah kargo Soekarno-Hatta yaitu: Yusen Logistik, DHL, Schenker Trologutama, Kargo Indotama Uniar, JAS, Nippon Express, Agility, Kintensu, Fin Logistic.

Didampingi oleh Kepala Seksi Fasilitas Pabean Cukai I Muhammad Faisal Riza, Kepala Seksi Pabean dan Cukai I Widia Ariadi, dan Kepala Seksi Layanan Informasi Achmad Hidayat, Finari Manan menjelaskan secara singkat mengenai proses AEO untuk perusahaan, yang membuat delegasi mengajukan beberapa pertanyaan selama diskusi.

Pertemuan kemudian dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Yusen Logistic sebagai gudang AEO (TPS) yang berlokasi di area kargo Soewarna. Delegasi dijelaskan oleh tim dari Yusen dan Bea Cukai Soekarno-Hatta mengenai e-seal (segel elektrik), sistem autogate, aliran barang mulai dari kedatangan (gate-in) hingga pelepasan barang (gate out), dan prosedur kepabeanan lainnya.

Pihak gudang telah menggunakan e-seal untuk mengamankan pengiriman truk dari kargo Lini I ke gudang. Selain itu, gudang juga telah menerapkan sistem Tempat Penimbunan Sementara Online (TPS online) dan sistem Autogate yang diwajibkan oleh Bea Cukai Soekarno-Hatta sebagai bentuk efisiensi pelayanan.  Diskusi menarik antara delegasi Departemen Bea dan Cukai Hong Kong, Bea Cukai Soekarno-Hatta dan Yusen terjadi selama kunjungan.

.

#beacukaimakinbaik #beacukaisoekarnohatta #bcsoetta #bcsh#hongkongcustoms #TPSonline #autogatesystem