09 Desember 2019

Popular News

img

SOSIALISASI KETENTUAN JASTIP, BEA CUKAI KUALANAMU SAMPAIKAN MELALUI RADIO

TRANSFORMASI KELEMBAGAAN

Kualanamu (25/11) Bea Cukai Kualanamu menyelenggarakan live talkshow bersama Trijaya FM tanggal 21 November 2019 di  Lobi Swill-Bellin Hotel dan Kiss FM Radio tanggal 22 November 2019 di Jalan Cuk Nyak Dien, Medan. Pada kesempatan ini, tim Humas Bea Cukai Kualanamu mengambil tema Barang Bawaan Penumpang berupa Jastip. Hal ini sejalan dengan semakin maraknya impor barang penumpang dengan modus splitting oleh para pelaku jastip dengan memanfaatkan fasilitas impor barang penumpang. Narasumber pada talkshow kali ini adalah Avriyanggu selaku Kepala Subseksi Penyuluhan dan Lando A. Siringoringo selaku Kepala Subseksi Administrasi Manifest.

Pemerintah melalui Bea Cukai sedang melakukan penertiban praktik impor ilegal dengan modus jasa titipan (jastip). Hal ini dilakukan untuk melindungi industri atau usaha dalam negeri (Industrial Assistance). Para pelaku jastip dapat merugikan para retailer dalam negeri yang melakukan impor resmi serta membayar bea masuk dan pajak sesuai ketentuan. Modus para pelaku jastip adalah menggunakan fasilitas impor barang penumpang agar barang yang mereka bawa seolah-olah merupakan barang pribadi penumpang.

Sesuai peraturan Menteri Keuangan nomor 203/PMK.04/2017 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut. Pemerintah memberikan pembebasan bea masuk dan pajak atas barang pribadi penumpang sebesar USD 500 per orang. Bea Cukai akan memungut bea masuk (BM) dan pajak dalam rangka impor (PDRI) terhadap kelebihan nilai barang. Tarif yang dikenakan yaitu BM 10% (flat), PPN 10%, PPh 7,5% (jika punya NPWP) dan 15% (jika tidak punya NPWP).

“Pembebasan USD 500 per orang dan tarif yang sudah dijelaskan sebelumnya tidak berlaku apabila barang yang dibawa penumpang bukan merupakan barang pribadi penumpang” ungkap Avri. Pembebasan BM dan PDRI diberikan atas barang pribadi penumpang. Pengenaan BM dan PDRI selain barang untuk keperluan pribadi sesuai dengan ketentuan yang berlaku umum atas keseluruhan nilai barang.

Apabila masyarakat memerlukan informasi tentang ketentuan terkait barang bawaan penumpang dapat menghubungi BRAVO BEA CUKAI 1500225 atau sosial media resmi Kantor Bea Cukai Kualanamu.