Sedang Memuat...

Asistensi Fasilitas KITE Bagi Pengusaha Industri Kecil Menengah Kota Tegal

Tegal (08/06/2018) - Bea Cukai Tegal hadir di RKB (Rumah Kreatif BUMN) yang berlokasi di area Kantor Cabang Utama BNI 46 kota Tegal (07/06). Sebagaimana  diketahui bahwa di Rumah Kreatif BUMN ini terdapat komunitas para Pengusaha Industri Kecil Menengah (IKM) kota Tegal dan sekitarnya. Mereka telah bergabung membentuk Asosiasi Pengrajin Industri Kecil Menengah Mengembangkan Kota Tegal atau disingkat dengan istilah “APIK BANGET”.

Seijin Kepala KCU BNI 46 Kota Tegal sebagai tuan rumah di mana RKB kota Tegal berada, Bea Cukai Tegal memanfaatkan RKB untuk mengundang para Pengusaha IKM melalui Asosiasi APIK Banget. Hadir pula Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Pemkot Tegal, R. Heru Setyawan, Kepala Bidang Industri, Erni W, Kepala Seksi Industri Kreatif, Farikhin dan jajarannya.

Dalam pertemuan perdana Bea Cukai Tegal dengan Asosiasi IKM Tegal ini, dipilihlah tema Industrial Assistance KPPBC Tegal untuk Industri Kecil Menengah. Acara dibuka dengan sambutan Kepala KCU BNI 46 kota Tegal, Andar selaku tuan rumah. Sebagai narasumber dalam  Sosialisasi ini adalah Kasubsi Kepatuhan Pelaksanaan Tugas, Nugroho dan Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan Cukai dan Dukungan Teknis, I Ketut Ardika Julistyawan sekaligus selaku Agen Fasilitas Bea Cukai Tegal. Datang juga Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Lucia Itaning  P beserta staf.

Materi yang disampaikan adalah tentang Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor untuk Industri Kecil Menengah atau KITE IKM. KITE IKM merupakan fasilitas pembebasan bea masuk terhadap barang baku impor yang menghasilkan produk tujuan ekspor.  Di wilayah Tegal sendiri sudah ada 2 pengusaha IKM yang telah memulai kegiatan ekspor, yaitu produl kacamata kayu bermerk "rewood" dan sarung goyor, pemasaran ekspor sudah dijalankan walau dalam jumlah yang masih minim. Dari total kurang lebih 25 pelaku usaha IKM kota Tegal dan sekitarnya yang hadir, sebagian besar masih berorientasi pemasaran lokal hingga nasional dan bahan baku asal lokal, maka disampaikan juga tatacara ekspor secara umum guna meningkatkan literasi tentang ekspor bagi para Pelaku IKM Tegal.

Fasilitas ini telah diresmikan pada 2017 lalu oleh Presiden Joko Widodo, di wilayah kerja Bea Cukai Tegal baru ada 1 Perusahaan IKM berlokasi di Pekalongan yang menerima fasilitas tersebut. Dalam kesempatan ini Bea Cukai Tegal menawarkan asistensi fasilitas KITE IKM ataupun Registrasi Kepabeanan dan pelayanan Kepabeanan lainnya. Hal itu disambut baik oleh para peserta. Sosialisasi semacam ini diharapkan mampu memberikan pengenalan dan pemahaman yang lebih baik bagi para pelaku IKM dalam meningkatkan usahanya hingga berorientasi ekspor dan bahkan dapat mendapatkan fasilitas KITE IKM.

- KPPBC Tipe Madya Pabean C Tegal

RELATED POSTS

)