Sedang Memuat...

BEA CUKAI BANDAR LAMPUNG BERIKAN PEMAHAMAN KEPABEANAN DAN CUKAI KEPADA CALON PEKERJA MIGRAN INDONESIA

Bandar Lampung, 12 April 2019. Bea Cukai Bandar lampung melakukan kunjungan ke Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) yang terletak di Kota Bandar Lampung. BP3TKI merupakan balai yang bertugas memberikan kemudahan pelayanan  atas pemrosesan seluruh dokumen penempatan para Pekerja Migran Indonesia dan memberikan perlindungan secara terkoordinasi dan terintegrasi kepada Calon Pekerja Imigran Indonesia.

Bea Cukai Bandar Lampung diberikan kesempatan untuk bertemu dengan para calon Pekerja Migran Indonesia yang direncanakan akan ditempatkan di Negara Malaysia. Para calon Pekerja Migran Indonesia tersebut terdiri dari berbagai usia dan berbagai latar belakang pendidikan.

 

 

Bea Cukai Bandar Lampung memberikan materi terkait dengan ketentuan barang penumpang, barang kiriman dan barang pindahan sesuai dengan peraturan kepabeanan dan cukai yang berlaku. Para calon Pekerja Migran Indonesia perlu memiliki pengetahuan atas ketentuan tersebut karena mereka akan lebih sering berhubungan langsung dengan bea cukai pada saat berangkat ke luar negeri maupun kembali ke dalam negeri. Selain itu juga, pihak Bea Cukai Bandar Lampung memberikan edukasi terkait barang-barang yang berhubungan dengan narkotika agar para calon Pekerja Migran Indonesia tidak mencoba untuk menyelundupkan Narkotika ke wilayah Republik Indonesia. Hukuman yang akan diperoleh oleh pihak-pihak yang berani menyelundupkan narkotika dapat dijatuhi hukuman pidana yang seberat-beratnya.

Antusiasme para calon pekerja pun terlihat dari wajah mereka. Beberapa calon pekerja mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait materi yang diberikan. Salah satu perempuan calon Pekerja Migran Indonesia menanyakan apakah diperbolehkan untuk membawa kosmetik dari luar negeri ke dalam negeri. Atas pertanyaan tersebut, Bea Cukai Bandar Lampung kemudian menjelaskan terkait barang yang dikategorikan sebagai barang yang dilarang dan dibatasi serta pungutan negara berupa Bea Masuk (BM) dan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI) guna pengeluaran barang dari luar negeri ke dalam negeri. Setelah itu, para peserta yang telah mengajukan pertanyaan dan komentar diberikan souvenir sebagai kenang-kenangan atas kegiatan ini.

Kegiatan ditutup dengan pemberian plakat Bea Cukai kepada pihak BP3TKI. Selain itu juga, dilakukan kegiatan foto bersama dengan pihak BP3TKI bersama para calon Pekerja Migran Indonesia. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi agenda rutin Kantor Bea Cukai Bandar Lampung guna memberikan edukasi kepada pihak Pekerja Migran Indonesia demi Bea Cukai yang Makin Baik.

- KPPBC Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung

RELATED POSTS

)