Sedang Memuat...

Bea Cukai Maluku Laksanakan Dialog Kinerja Organisasi

(Ambon, 10/01/2019). Bea Cukai Maluku melaksanakan Rapat Dialog Kinerja Organisasi (DKO) pada hari Kamis, 10 Januari 2019, bertempat di ruang media center Kanwil DJBC Maluku. Rapat DKO dipimpin oleh Kabid Kepatuhan Internal, Zubaidy Yulianto, dan dihadiri para pejabat dan pegawai dari masing-masing Bagian/Bidang.
Dalam rapat tersebut dibahas mengenai evaluasi dari capaian kinerja Kanwil DJBC Maluku pada tahun 2018 yang telah melampaui target sebanyak 15 Indikator Kinerja Utama (IKU) dengan semua IKU berstatus hijau, antara lain meliputi kinerja pelaksanaan anggaran dengan nilai indikator kinerja pelaksanaan anggaran (IKPA) sebesar 97,95, realisasi capaian penerimaan negara 238,48% dari target yang ditetapkan, hasil survey kepuasan pengguna jasa Kanwil DJBC Maluku sebesar 4,37 (skala 5) dari target 4,14, peningkatan ekspor berdasarkan jumlah dokumen PEB dan devisa ekspor dibandingkan dengan tahun sebelumnya, capaian penindakan dan penyidikan yang telah melebihi target yang ditetapkan, dan hasil revieu pegelolaan kinerja oleh Biro Prencanaan Keuangan Kementerian Keuangan dengan predikat “Sangat Baik”.
Dengan adanya rapat DKO, diharapkan setiap Bagian/Bidang di lingkungan Kanwil DJBC Maluku dapat melakukan mitigasi risiko dan menyusun rencana aksi yang lebih baik untuk memastikan target 2019 dapat tercapai dengan optimal. Untuk rencana kerja Kanwil DJBC Maluku tahun 2019 ini menitikberatkan kepada peningkatan pertumbuhan ekonomi di wilayah Maluku dengan mengoptimalkan komoditi potensial untuk diekspor selain sektor perikanan yang sudah berjalan (rumput laut, mutiara dan rempah-rempah), optimalisasi pengawasan melalui sinergi dengan stakeholder baik instansi pemerintah/aparat penegak hukum lainnya dan masyarakat yang diharapkan dalam membantu pengawasan kepabeanan dan cukai, pemanfaatan penggunaan fasilitas kepabeanan dan cukai untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan optimalisasi capaian penerimaan negara.
“Kepada segenap jajaran pejabat dan pegawai Kanwil DJBC Maluku diharapkan dapat memahami target yang dimiliki dan bekerja optimal dalam mencapainya serta menciptakan target yang menantang (challenging), namun dapat dicapai (reachable) sehingga kinerja organisasi dapat terus meningkat", ujar Zubaidy Yulianto, di akhir rapat.

 

- Kantor Wilayah DJBC Maluku

RELATED POSTS

)