Sedang Memuat...

BEA CUKAI MAKASSAR JELASKAN TARIF BEA MASUK IMPOR BERDASARKAN PERJANJIAN INTERNASIONAL

Seiring dengan berkembangnya perdagangan internasional, Indonesia turut terlibat di dalamnya dengan melakukan perjanjian dagang dengan negara tertentu yang saling menguntungkan baik di kawasan asia maupun dengan negara-negara lain. Barang impor yang masuk ke Indonesia yang berasal dari negara yang telah memiliki perjanjian dagang dengan Indonesia dapat diberikan fasilitas keringanan maupun pembebasan bea masuk.

Dalam rangka memberikan pelayanan kepada pengguna jasa khususnya kepada importir yang menggunakan fasilitas dimaksud maka pada Hari Jumat, tanggal 09 Pebruari 2018 bertempat di Aula kantor Bea Cukai Makassar telah dilaksanakan sosialisasi Pengenaan Tarif Bea Masuk Barang Impor berdasarkan Perjanjian atau Kesepakatan Internasional sesuai PMK Nomor 229/PMK.04/2017 yang diberlakukan mulai tanggal 1 Pebruari 2018 kemarin. Acara ini dibuka oleh Kepala Kantor, Bapak Gusmiadirrahman dan sebagai narasumber dari sosialisasi ini adalah Kepala Seksi PKC I, Bapak Satriyo Budi Wibowo dan Kepala Seksi PKC VI, Bapak Bambang Parwanto. Sosialisasi kali ini diikuti oleh para pengguna jasa bidang impor, baik itu importir maupun pengusaha pengurusan jasa kepabeanan

Dalam sosialisasi ini narasumber memaparkan ketentuan dan prosedur importasi yang menggunakan skema pengenaan tarif Bea Masuk berdasarkan perjanjian internasional. Selain itu juga dipaparkan mengenai perubahan ketentuan yang terdapat dalam peraturan tersebut dibandingkan peraturan sebelumnya yaitu PMK Nomor 205 Tahun 2015. Dengan berlakunya ketentuan yang baru ini dapat memberikan kepastian hukum dalam pelaksanaan skema Free Trade Agreement (FTA) untuk proses importasi yang dilayani di Bea Cukai Makassar serta memberikan panduan bagi pengguna jasa dalam pemanfaatan tarif preferensi. Hal ini secara langsung dapat merangsang pertumbuhan industri dan perdagangan di wilayah Sulawesi Selatan.

Kepala Kantor, Bapak Gusmiadirrahman mengharapkan dengan terlaksananya sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman bagi seluruh pengguna jasa di lingkungan Bea Cukai Makassar dalam melakukan pengurusan importasi yang menggunakan fasilitas. Sehingga kesalahan administrasi oleh pengguna jasa yang dapat menyebabkan gugurnya fasilitas keringanan maupun pembebasan Bea Masuk dapat dihindari.

- KPPBC Tipe Madya Pabean B Makassar

RELATED POSTS

)