Sedang Memuat...

Bea Cukai Maluku Siap Inisiasi Giat Ekspor Langsung dari Ambon

Ambon (30/01/2018) – Setelah sukses melaksanakan ekspor langsung berupa produk perikanan tujuan Australia melalui Bandar Udara Pattimura, Bea Cukai Maluku semakin meningkatkan semangat giat ekspor langsung dari Ambon.

“Hari ini kami membahas teknis ekspor melalui pelabuhan laut dan pemenuhan persyaratan dokumen yang harus dilengkapi, sehingga tidak terjadi kendala dalam pelaksanaan ekspor baik sebelum pemuatan maupun sampai dengan barang ekspor tiba di tujuan,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Ambon, Yanti Sarmuhidayanti pada rapat koordinasi lanjutan atas rencana ekspor produk perikanan melalui Pelabuhan Yos Sudarso, Jumat (26/01).

Dalam rapat yang dihadiri oleh perwakilan PT Harta Samudra selaku Eksportir, Disperindag Prov. Maluku, Badan Karantina Ikan, Pelindo IV, Perusahaan Pelayaran Meratus, dan Perusahaan Forwarding PT Rahayu Perdana Trans, Yanti juga menjelaskan bahwa setiap ekspor produk perikanan, di samping harus menggunakan dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), juga harus menyertakan sertifikat hasil pengujian dari Karantina Ikan dan Surat Keterangan Asal yang diterbitkan oleh Disperindag.

“Hal-hal teknis pembuatan dokumen tersebut harus dibahas agar dapat disinkronisasi untuk meminimalisir hambatan pelaksanaan ekspor yang bahkan dapat menimbulkan penolakan barang ekspor oleh pembeli di luar negeri,” jelasnya.

Peserta rapat juga menyepakati bahwa secara dokumen ekspor sudah tidak ada kendala, dan yang perlu menjadi perhatian adalah estimasi waktu pelaksanaan ekspor dan moda transportasi yang akan digunakan.

“Keberhasilan pelaksanaan ekspor langsung dari pelabuhan Ambon merupakan tujuan bersama, untuk menggairahkan kembali kegiatan ekspor yang dapat meningkatakan perekonomian Maluku, tentu dibutuhkan dukungan dari semua pihak. Bea Cukai, sebagai salah satu pihak terkait, selalu siap menjadi inisiator untuk berkordinasi dengan pihak terkait lainnya demi Bea Cukai yang makin baik dalam misinya, sebagai trade facilitator dan industrial assistance,” pungkasnya.

- Kanwil DJBC Maluku Papua dan Papua Barat

RELATED POSTS

)