Sedang Memuat...

Bea Cukai Maluku Terima Kunjungan BNPP, Bahas Pengawasan dan Pengelolaan Wilayah Perbatasan

Sehubungan dengan peran Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) untuk peningkatan efektifitas dalam fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan pengelolaan perbatasan Negara, Heru Tjahyono sebagai Asdep Infrastruktur Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat pada Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan melakukan kunjungan kerja ke Kantor Wilayah DJBC Maluku, pada hari Selasa, 17Juli 2018.

Kunjungan tersebut diterima dan disambut dengan hangat oleh Kakanwil Bea Cukai Maluku, Finari Manan, di ruang kerjanya, bersama dengan Kabid Penindakan dan Penyidikan, Arie Papiano. 
Kunjungan BNPP, menurut Heru Tjahyono, dalam rangka koordinasi dan sinergi antar instansi pemerintah, antara Bea Cukai dengan BNPP terkait pengelolaan perbatasan negara sesuai perwujudan Nawacita ke-3 pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Pada kesempatan tersebut disampaikan informasi bahwa penduduk di wilayah perbatasan telah menggunakan ID Card yang memiliki barcode untuk kepentingan pemeriksaan penduduk lintas batas di pos pemeriksaan sehingga dapat dimanfaatkan oleh Bea Cukai sesuai kewenangannya dalam pengawasan lintas arus barang dari dan ke luar negeri.

Dalam pertemuan tersebut, Finari Manan, menyampaikan bahwa Bea Cukai memiliki kewenangan untuk mengawasi lalu lintas barang di kawasan Indonesia, terutama di wilayah yang berbatasan dengan negara lain, baik di laut, udara, maupun tempat lain yang ditetapkan untuk lalu lintas barang. Bea Cukai mempunyai peran penting dan signifikan dalam pengawasan barang yang masuk atau ke luar wilayah Indonesia.

“Pengawasan terhadap wilayah perbatasan khususnya di wilayah Maluku dan Maluku Utara menjadi prioritas Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil DJBC Maluku untuk melindungi masyarakat dari barang-barang berbahaya, seperti narkoba dan pemberantasan tindak pidana penyelundupan yang merugikan industri dan perekonomian dalam negeri”, ujar Arie Papiano, menambahkan.

Atas kunjungan dari pihak BNPP, Finari Manan, selaku Kakanwil Bea Cukai Maluku, menyampaikan apresiasi sebagai wujud nyata sinergi antar instansi pemerintah dan atas informasi yang disampaikan dalam pertemuan itu akan dieskalasikan kepada pimpinan Direktorat Jenderal Bea Cukai dalam bentuk kerja sama antara Bea Cukai dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan.

- Kanwil DJBC Maluku dan Maluku Utara

RELATED POSTS

)