Sedang Memuat...

BEA CUKAI SIDOARJO MUSNAHKAN 10,5 JUTA BATANG ROKOK ILEGAL

Sidoarjo – Sebanyak 10,5 juta batang rokok ilegal seberat 20 ton dimusnahkan oleh Bea Cukai Sidoarjo pada hari Selasa (06/02). Rokok ilegal tersebut dimusnahkan lantaran melanggar ketentuan di bidang cukai. perkiraan nilai barang tersebut mencapai Rp6 miliar dengan potensi kerugian negara mencapai lebih dari Rp4 miliar.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur I, Muhammad Purwantoro mengungkapkan bahwa sebagai daerah produksi rokok, Bea Cukai akan terus meningkatkan pengawasan guna memberantas peredaran rokok ilegal. “Pengawasan terhadap produksi dan peredaran rokok ilegal di wilayahnya terus ditingkatkan mengingat Kanwil Jawa Timur I merupakan salah satu daerah produksi dan penyumbang penerimaan cukai terbesar,” ujar Purwantoro.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Bea Cukai Sidoarjo Nur Rusydi menegaskan komitmen Bea Cukai Sidoarjo dalam melakukan pengawasan peredaran rokok ilegal. “Bea Cukai Sidoarjo sangat fokus terhadap pengawasan rokok ilegal. Karena akan berdampak pada sektor penerimaan cukai serta menjaga persaingan usaha yang sehat, memutus rantai peredaran rokok ilegal dan fungsi pengendalian konsumsi barang kena cukai itu sendiri. Keberhasilan ini tidak terlepas dari koordinasi dan sinergi yang baik serta dukungan dari aparat instansi lainnya,” ujar Nur Rusydi.

Sepanjang tahun 2017, Bea Cukai Sidoarjo telah melakukan penindakan rokok ilegal sebanyak 56 kali dengan hasil sitaan kurang lebih 21,5 juta batang rokok ilegal dengan nilai barang Rp13 miliar lebih, dan telah dilakukan penyidikan di bidang cukai sebanyak enam kali, untuk memberikan efek jera pada para pelanggar cukai.

- KPPBC Tipe Madya Pabean B Sidoarjo

RELATED POSTS

)