Sedang Memuat...

Capaian Penerimaan Bea Cukai Bogor Lampaui angka 50%

Kamis, 13 Juni 2019 – Bertempat di Aula Lantai 3, Bea Cukai Bogor melaksanakan Rapat Dialog Kinerja Organisasi (DKO) yang diikuti oleh seluruh Kepala Seksi dan Kepala Subseksi di lingkungan Bea Cukai Bogor. Rapat dibuka dan dipimpin oleh Kepala Kantor, Moh. Saifuddin dengan beberapa pembahasan antara lain realisasi penerimaan Bea Masuk dan Cukai beserta analisanya, peningkatan kompetensi pegawai melalui Assessment Hanggar serta rencana pelaporan perkiraan capaian penerimaan dari masing-masing cluster.

Pada DKO kali ini dibahas pula tentang survey pengguna jasa yang akan segera dilaksanakan dan aplikasi “one day one chapter”yang masih dalam proses pengembangan Direktorat terkait. Selain itu, Bea Cukai Bogor juga mengapresiasi kepada 2 (dua) perusahaan yang telah menyumbangkan Bea Masuk dan Cukai terbesar periode Mei 2019 yaitu PT Cahaya Jaya Perdana dan PT Intitirta.

Untuk realisasi penerimaan sampai dengan Mei 2019, Bea Cukai Bogor membukukan penerimaan sebesar 97,73 Milyar atau 52,06% dari target penerimaan tahun 2019 sebesar Rp 187 Milyar. Total penerimaan tersebut terdiri dari realisasi penerimaan Bea Masuk sebesar 18,47 Milyar atau 37,81% dan Cukai sebesar Rp. 82,60 Milyar atau 55.92%.

Setelah Rapat DKO, dilaksanakan internalisasi Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor PER-26/BC/2016 tentang tata laksana pengeluaran barang dari Tempat Penimbunan Berikat (TPB) ke TPB Lain dengan menggunakan dokumen BC 2.7. Internalisasi ini diberikan kepada pegawai Bea Cukai Bogor sebagai sarana penguatan pemahaman pegawai akan prosedur Tata Laksana Kepabeanan khususnya tentang Kawasan Berikat.

Dengan dilaksanakannya DKO dan Internalisasi ini, diharapkan mampu menjadi sarana monitoring dan evaluasi terhadap capaian kinerja Bea Cukai Bogor dalam menjalankan fungsinya sebagai Revenue Collector dan bisa menjadi sarana berbagi ilmu tentang peraturan yang berguna dalam menjalankan tugas.

- KPPBC Tipe Madya Pabean A Bogor

RELATED POSTS

)