Sedang Memuat...

Kunjungan Bea Cukai Cilacap ke IKM Berpotensi di Wilayah Cilacap

Cilacap – (16/04/2019) Masih ingat dengan koordinasi Bea Cukai Cilacap dengan DPKUKM di akhir Januari 2019? Dari hasil koordinasi tersebut, Bea Cukai Cilacap kembali melakukan aksi nyata terjun langsung ke lapangan dengan melaksanakan kunjungan mandiri ke beberapa Industri Kecil Menengah (IKM) di wilayah Cilacap. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mencari IKM yang berpotensi untuk memperoleh fasilitas kepabeanan. Bea Cukai secara aktif melaksanakan tugas fungsinya dalam memfasilitasi perdagangan dan industri bagi IKM di wilayah Cilacap agar turut serta berkontribusi dalam perekonomian nasional yang memiliki jiwa semangat bersaing dalam taraf internasional.


Sebagai wilayah di pesisir pantai selatan, Cilacap memiliki beberapa IKM yang berpotensi menerima fasilitas kepabeanan diantaranya olahan hasil laut “Mina Rasa” dan “Handicraft Coconut Broom”. Mina Rasa merupakan industri pengolahan hasil laut berupa ikan tenggiri yang diolah menjadi kerupuk ikan tenggiri, sedangkan “Handicraft Coconut Broom” merupakan industri kecil yang melakukan pengolahan bagian pohon kelapa menjadi kerajinan. 
Arianto, selaku pemilik usaha handicraft menyampaikan bahwa pihaknya merintis usaha tersebut dari nol dan mengaku belum paham benar terhadap aturan ekspor berikut fasilitas yang diberikan Bea Cukai kepada para pengusaha kecil.
Fasilitas KITE IKM berdasarkan PMK-177/PMK.04/2016 memberikan kemudahan kepada IKM berupa pembebasan Bea Masuk dan tidak dipungut PPN dan PPNBM atas impor barang dan/atau bahan dan/atau mesin yang dilakukan oleh IKM dengan tujuan ekspor.

- KPPBC Tipe Madya Pabean C Cilacap

RELATED POSTS

)