Sedang Memuat...

Mengikuti Perkembangan Dunia Usaha, Bea Cukai Marunda Mengadakan Sosialisasi Terkait Vape

 

Marunda, (10/09/2018), Bea Cukai Marunda bekerja sama dengan Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menyelenggarakan sosialisasi ketentuan di bidang cukai dalam rangka menindaklanjuti berlakunya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 146/PMK.04/2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 66/PMK.04/2018 tentang Tata Cara Pemberian, Pembekuan, dan Pencabutan Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 67/PMK.04/2018 tentang Perdagangan Barang Kena Cukai Yang Pelunasan Cukainya Dengan Cara Pelekatan Pita Cukai Atau Pembubuhan Tanda Pelunasan Cukai Lainnya, dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 68/PMK.04/2018 tentang Pelunasan Cukai, serta Peraturan Menteri Keuangan Nomor 94/PMK.04/2018 tentang Kewajiban Melakukan Pencatatan bagi Pengusaha Pabrik Skala Kecil,Penyalur Skala Kecil yang Wajib Memiliki Izin, dan Pengusaha Tempat Penjualan Eceran yang Wajib Memiliki Izin.

Bertempat di Aula Lantai IV Kantor Bea Cukai Marunda, sosialisasi tersebut dihadiri oleh pengusaha-pengusaha Vape anggota Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) cabang Jakarta Barat maupun Jakarta Utara, serta distributor atau importir MMEA di bawah wilayah pengawasan Bea Cukai Marunda. Dalam sambutannya, Kepala Kantor Bea Cukai Marunda, Sehat Yulianto, menyampaikan bahwa untuk mengantisipasi pengenaan cukai terhadap HPTL per 1 Oktober 2018, diharapakan para pengusaha dapat mengetahui dan paham mengenai apa saja kewajiban yang harus dipenuhi oleh para pengusaha dibidang cukai agar dapat memudahkan para pengusaha dalam menjalankan proses bisnisnya. Acara dilanjutkan dengan presentasi ketentuan di bidang Cukai oleh narasumber Kepala Seksi Tarif Cukai dan Harga Dasar III Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai, Charda Ika Wijaya. Selain mengingatkan pengusaha Vape tentang pemberlakuan pengenaan cukai terhadap Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) jenis Liquid Vape yang akan dikenakan tarif cukai 57% dari Harga Jual Eceran (HJE) per tanggal 1 Oktober 2018, Charda juga menjelaskan ketentuan yang terkait dengan pelaksanaan PMK No. 66/PMK.04/2018, No. 67/PMK.04/2018, No.68/PMK.04/2018 dan No.  94/PMK.04/2018, terutama terkait dengan seputar NPPBKC dan kewajiban para pengusaha cukai untuk melakukan pencatatan.

 

Peserta yang hadir mengapresiasi penyelenggaran acara sosialisasi ini dan sangat antusias mengikuti  acara sosialisasi ini dari awal sampai akhir, terbukti dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan dalam sesi tanya jawab. Sebelum acara usai, Sehat Yulianto menyampaikan harapannya, dengan diadakaannya kegiatan sosialisasi ini diharapkan pada saat sudah berlakunya peraturan tersebut, pengusaha dibidang cukai maupun distributor dan importir MMEA dapat memenuhi seluruh ketentuan yang berlaku agar memudahkan dalam menjalankan proses bisnisnya masing-masing. Acara ditutup dengan foto bersama.

- KPPBC Tipe Madya Pabean A Marunda

RELATED POSTS

)