Sedang Memuat...

PARTISIPASI BEA CUKAI MAGELANG DALAM LATIHAN PRATUGAS PENGAMANAN PERBATASAN

Purworejo (16/07/2018) - Kantor Bea Cukai Magelang melaksanakan penyuluhan tentang Peran Direktorat Jenderal Bea dan Cukai di Perbatasan Negara atas undangan Komandan Batalyon Infanteri Mekanis Raider 412/Bharata Eka Sakti. Bertempat di Graha Bharata Kesatrian Batalyon, acara dibuka oleh Komandan Batalyon dan dihadiri oleh Wakil Komandan Batalyon serta tidak kurang dari 450 personel yang sedang melaksanakan Latihan Pratugas Operasi Pengamanan Perbatasan Darat Sektor Selatan Indonesia-Papua Nugini. Dalam sambutannya, Komandan Batalyon, Letnan Kolonel Eko Bintara Saktiawan menyampaikan bahwa pengetahuan kepabeanan diperlukan oleh setiap Anggota yang akan melaksanakan tugas pengamanan perbatasan, karena adanya potensi penyelundupan barang-barang yang dapat membahayakan kedaulatan negara.

Sementara itu, Moh. Zaini, Kepala Subseksi Penyuluhan dan Layanan Informasi pada Kantor Bea Cukai Magelang menekankan bahwa Bea dan Cukai merupakan unsur Kementerian Keuangan yang bertugas menjaga kedaulatan negara di bidang ekonomi dan keuangan dengan melaksanakan pengawasan dan pelayanan barang ekspor dan impor dan pemungutan bea masuk dan bea keluar serta pungutan perpajakannya bagi penerimaan negara.

Selanjutnya, Arif Wardoyo, Pelaksana pada Kantor Bea Cukai Magelang menyampaikan materi tentang pengelolaan perbatasan negara yang dikenal dengan CIQS Border Management, yaitu Customs/Bea dan Cukai untuk pengawasan lalu lintas barang, Imigration/Imigrasi untuk pengawasan lalu lintas orang, Quarantine/Karantina untuk pengawasan kesehatan orang dan barang, dan Security/Keamanan dari unsur TNI untuk pengamanan dari ancaman kedaulatan dan POLRI untuk menjaga kondusivitas kawasan perbatasan negara.

Setelah pemaparan dari Kantor Bea Cukai Magelang, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab mengenai pengamanan perbatasan negara.

Sinergi antara Bea Cukai, TNI dan segenap instansi pemerintah di perbatasan negara diperlukan untuk menangkal masuknya barang ilegal dan orang yang dapat mengancam kedaulatan dan keamanan negara. Penyuluhan ini diharapkan dapat menjadi bekal berharga bagi anggota batalyon yang akan bertugas sebagai pasukan pengamanan perbatasan negara.

- KPPBC Tipe Madya Pabean C Magelang

RELATED POSTS

)