Sedang Memuat...

Pekan ke-2 Infinity Ramadhan, Tegakkan Niat Untuk Mengharap Ridho-Nya

Banda Aceh, 20/05 -Kanwil DJBC Aceh semarakkan rangkaian kegiatan ramadhan 1440H pada pekan ke-2 berupa kajian tematik, kultum, tahsin, dan tarawih keliling. Kajian tematik di Aula Lt. 3 pada hari Senin (13/4) bakda Zuhur disampaikan oleh Ustadz Samsul Bahri dengan tema "Keutamaan - Keutamaan Al-Quran"

“Wahai umat manusia, sungguh telah datang kepada kalian keterangan yang jelas dari Rabb kalian, dan Kami turunkan kepada kalian cahaya yang terang-benderang.” (QS. an-Nisaa’: 174).

Sedangkan Ustadz Subhan Rohman menyampaikan kajian tematik " Keistimewaan Bulan Ramadhan" pada hari Kamis (16/5) bakda Zuhur.

“Mengapa maksiat dapat terjadi di Bulan Ramadhan? Hal itu disebabkan karena sebelumnya, setan telah menggoda manusia dan telah masuk ke dalam jiwa manusia. Sehingga setan tersebut terwujud dalam bentuk manusia dan jin. Dibelenggunya setan tidak serta merta dapat menghilangkan maksiat terjadi. Dan sesungguhnya maksiat datang dari dua jalan, yaitu berasal dari diri sendiri yaitu nafsu dan kebiasaan buruk dan dari luar yaitu setan”, demikian tutur Ustadz Subhan Rohman.

Kegiatan kultum oleh pejabat pada Selasa(14/5) bakda Zuhur diisi oleh Tri Utomo Hendro Wibowo yang merupakan Kabid Penindakan dan Penyidikan (P2) membawakan tema " Pentingnya sifat sabar pada diri setiap muslim." Sedangkan Kabid Kepabeanan dan Cukai, Fitri Ajuning Wardhani membawakan tema "Bahaya sifat sombong dan membanggakan diri" pada Rabu (16/5) bakda Zuhur.

Tahsin pada Rabu (15/5) pagi dibimbing oleh Ustadz Tasqa (Kelas Lanjutan) dan Ustadz Iqbal (Kelas Pemula). Keduanya membimbing para pegawai berdasarkan kelas tahsin yang telah dibagi untuk meningkatkan kualitas bacaan Alqur'an. Sehingga setiap pegawai Kanwil DJBC Aceh dapat dengan tartil membaca Alqur'an sesuai kaidah tajwid seperti yang diajarkan oleh Nabil Muhammad SAW. Kedua Ustadz tersebut juga tidak lupa memotivasi para pegawai untuk mencintai Alqur'an dengan sepenuh hati.

Selain kegiatan ramadhan di dalam kantor, Kanwil DJBC Aceh juga mengadakan kegiatan di luar kantor berupa tarawih keliling (Tarling) di Masjid Baiturahman yang merupakan ikon Kota Banda Aceh pada Selasa (15/5) malam. Bahwa keutamaan shalat tarawih bersama imam seperti shalat semalam penuh merupakan anjuran agar kaum muslimin mengerjakan shalat tarawih secara berjama’ah dan mengikuti imam hingga selesai.

Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya. Lalu beliau bersabda :
“Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.” (HR. Tirmidzi no. 806)

- Kantor Wilayah DJBC Aceh

RELATED POSTS

)