Sedang Memuat...

Pelaku Usaha Bingung Urus Nomor Induk Berusaha, Bea Cukai Semarang Inisiatif Adakan Sosialisasi

Semarang (13/11) – Kantor Bea Cukai Semarang menyelenggarakan sosialisasi implementasi Online Single Submission (OSS) dengan mengundang pemangku kepentingan yang meliputi pengusaha Tempat Penimbunan Berikat (TPB) dan pengusaha Barang  Kena Cukai (BKC) di bawah pengawasan Kantor Bea Cukai Semarang pada hari Selasa tangggal 13 Nopember 2018 bertempat di Ruang Aula Lantai 4 Kantor Bea Cukai Tanjung Emas.

Kepala Kantor Bea Cukai Semarang Iwan Hermawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan berlakunya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, dalam kegiatan berusaha di Indonesia mulai tahun ini pemerintah menggariskan ketentuan baru bahwa segala sesuatu terkait dengan perizinan akan menggunakan Online Single Submission (OSS), termasuk dalam hal kegiatan di bidang kepabeanan dan cukai. Pemangku kepentingan di Kantor Bea Cukai Semarang dalam melakukan kegiatannya bersinggungan dengan perizinan-perizinan dari instansi terkait. “Melalui forum sosialisasi ini dengan dibantu Dinas Penanaman Modal-Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi Jawa Tengah, kita akan mendapat pemahaman lebih lanjut, dapat berdiskusi dan bertukar informasi tentang apa itu OSS”, imbuh Iwan.

Memasuki sesi pemaparan materi, tim narasumber yang dipimpin oleh I Gusti Ngurah Agung selaku Kepala Bidang Pelayanan Perizinan DPM-PTSP Provinsi Jawa Tengah memulai materi dengan menjelaskan konsep alur perizinan sistem OSS. Lebih lanjut Agung menyampaikan kategori perizinan berusaha/investasi yang terdiri: pendaftaran dan perizinan dasar, perizinan lingkungan dan standar bangunan, perizinan usaha dan perizinan komersial. “Sistem OSS merupakan pelaksanaan reformasi Peraturan dan perizinan berusaha yang meliputi 20 (dua puluh) institusi kementerian/lembaga”, lanjut Agung.
Melengkapi pemaparan materi, tim narasumber juga mengajak peserta sosialisasi untuk praktek langsung dimulai tahap registrasi, login dan pengisian data. Satu per satu tahapan pengisian data OSS diperagakan, sampai kemudian pelaku usaha menerbitkan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang berlaku sebagai identitas pelaku usaha dalam rangka kegiatan berusaha dan untuk mendapatkan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional termasuk untuk pemenuhan persyaratan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional. Dengan dokumen NIB, Perizinan Dasar, dan Notifikasi Perizinan dan Fasilitas, investor/pelaku usaha dapat melakukan kegiatan berusaha, kegiatan produksi barang atau jasa serta kegiatan komersial dengan kewajiban memenuhi semua komitmen yang disebut dalam Notifikasi Perizinan dan Fasilitas.

Saat sesi diskusi dibuka, banyak peserta yang mengajukan pertanyaan mengenai kendala yang dihadapi ketika melakukan pengisian data di OSS. Misalnya jika saat pengisian data terjadi kesalahan data yang diinput, bagaimana menindaklanjutinya. Kemudian jika pelaku usaha tidak dapat menyelesaikan pemenuhan Komitmen, bagaimana konsekuensinya. Juga pertanyaan-pertanyaan lain yang teknis sifatnya, semuanya ditanggapi oleh tim narasumber. Untuk kendala yang dihadapi pelaku usaha terkait OSS, tim narasumber DPM-PTSP Provinsi Jawa Tengah memberikan komitmennya untuk membantu melalui saluran email pelayanan.perizinanjateng@gmail.com dan saluran telepon 024-3563069 dengan menyampaikan nama perusahaan, usernam OSS dan NIB.

Dengan berlakunya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik yang membawa konsekuensi adanya kewajiban bagi setiap pelaku usaha untuk memiliki NIB, maka dengan sosialisasi ini diharapkan para pemangku kepentingan,  khususnya Pengusaha TPB dan Pengusaha BKC di bawah pengawasan Kantor Bea Cukai Semarang dapat segera menyelesaikan kewajiban tersebut, dan jika ada perubahan data-data perusahaan atau ada perluasan usaha maka mereka dapat menyelesaikan tahapan perizinan dengan baik.

 

 

 

- KPPBC Tipe Madya Pabean A Semarang

RELATED POSTS

)