Sedang Memuat...

PEMUSNAHAN BARANG YANG MENJADI MILIK NEGARA ASET EKS KEPABEANAN DAN CUKAI BC JAMBI

Jambi, 27 Desember 2018. Bertempat di Halaman Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Jambi, dilaksanakan acara Pemusnahan Barang yang Menjadi Milik Negara. Acara ini dihadiri oleh KPKNL Provinsi Jambi dan Kantor Pos Lalu Bea Jambi.

Kegiatan Pemusnahan Barang yang Menjadi Milik Negara hasil penindakan ini merupakan salah satu kontribusi KPPBC TMP B Jambi dalam menjaga keamanan dan ketertiban terhadap pemasukan dan peredaran barang ilegal yang melanggar ketentuan larangan dan pembatasan impor dan pelanggaran ketentuan di bidang cukai. Hal ini terkait dengan fungsi DJBC sebagai community protector.

Pemusnahan Barang yang Menjadi Milik Negara hasil penindakan ini telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Keuangan c.q. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jambi dengan nomor S-43/KM.6/WKN.04/KNL.01/2018, yang terdiri dari:

  • Produk Hasil Tembakau berupa rokok sebanyak 261.984 (dua ratus enam puluh satu ribu Sembilan ratus delapan puluh empat) batang;
  • 8 (delapan) paket Barang Kiriman Pos berupa sex toys dan obat-obatan.

Total keseluruhan nilai barang yang dimusnahkan tersebut diperkirakan mencapat RP. 101.495.900,- (seratus satu juta empat ratus sembilan puluh lima ribu sembilan ratus rupiah). Selain dampak materil, juga menimbulkan dampak immateril berupa terganggunya pasar rokok yang comply dengan peraturan di bidang cukai dan munculnya efek negative terhadap masyarakat selama ini.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menimbulkan efek jera kepada para pelaku pelanggaran Undang-Undang Kepabeanan dan Cukai, serta dapat meningkatkan sinergi antar instansi pemerintah dalam mengamankan hak-hak penerimaan negara maupun dalam melindungi negara dan masyarakat dari masuknya barang-barang berbahaya asal luar negeri.

Semoga kedepannya Bea Cukai Jambi dapat memberikan kinerja yang makin baik di bidang pengawasan dan pelayanan.

- KPPBC Tipe Madya Pabean B Jambi

RELATED POSTS

)