Sedang Memuat...

Perkuat Sinergi Antar Instansi, Bea Cukai Sorong Kunjungi Korem Yonif 752 Sorong

Sorong (30/01/2018) – Dalam rangka memperkuat sinergi antar instansi, Bea Cukai Sorong melakukan kunjungan ke Komando Resor Militer 171 Batalyon Infanteri 752 (Korem) Sorong, Kamis (25/01). Pada kesempatan tersebut, Bea Cukai Sorong juga menggelar sosialisasi tugas pokok dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, serta aturan-aturan kepabeanan dan cukai kepada para prajurit yang berada di dalam kesatriaan tersebut.

“Kami menyampaikan pengenalan materi kepabeanan tentang impor dan ekspor serta pengenalan materi cukai tentang perizinan bagi penjual minuman beralkohol dan identifikasi rokok ilegal. Dengan sosialisasi ini, diharapkan para akan mampu mengenali dan mengidentifikasi pelanggaran di bidang kepabeanan dan cukai saat ditugaskan di lapangan, dan melaporkan ke Bea Cukai,” ungkap Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Sorong, Tommi Andi Hananto, yang menjadi pemateri dalam sosialisasi tersebut.

Meskipun telah ada sanksi kurungan dan denda bagi produsen rokok ilegal, lanjut Tommi, selama ini masih banyak produk rokok ilegal yang beredar di pasaran. Model sosialisasi yang dilakukan Bea Cukai dengan melibatkan partisipasi masyarakat, termasuk para aparat penegak hukum, untuk melaporkan jika ada kegiatan ilegal diharapkan akan lebih efektif.

Setelah sosialisasi di Korem Sorong, perwakilan Bea Cukai Sorong melanjutkan kunjungan kerja ke Pusat Logistik Berikat di Kabupaten Sorong, yang juga merupakan PLB di bawah pengawasan Bea Cukai Sorong. “Kunjungan ini dilaksanakan sebagai wadah untuk berbagi informasi tentang hak dan kewajiban kedua belah pihak, baik pihak Bea Cukai sebagai pengawas dan pihak perusahaan Petrosea sebagai pengelola PLB tersebut. Pada kunjungan ini dilakukan juga pengecekan ruang kerja yang akan digunakan oleh petugas Bea Cukai dalam tugasnya untuk mengawasi kegiatan di PLB tersebut,” jelasnya.

 

 

 

 

- KPPBC Tipe Madya Pabean C Sorong

RELATED POSTS

)