Sedang Memuat...

Permudah Monitoring dan Analisa Data Kepabeanan dan Cukai dengan Aplikasi Executive Information System (EIS)

Banda Aceh (16/04) – Untuk mempermudah monitoring dan analisa data dalam bentuk grafik dan tabel pada rekapitulasi data yang  bersumber dari Customs and Excise Information System and Automation atau CEISA, maka pada Selasa (16/04), Kantor Wilayah DJBC Aceh menyelenggarakan kegiatan Asistensi dan Pelatihan Aplikasi Executive Information System (EIS) yang bertempat di ruang aula lantai 1 Kantor Wilayah DJBC Aceh. Asistensi dan pelatihan ini dipimpin langsung oleh Fitri Ajuning Wardhani selaku Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai, dan materi tentang asistensi dan pelatihan ini disampaikan langsung oleh dua pelaksana dari Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai Kantor Pusat DJBC.

Asistensi dan Pelatihan EIS ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi yang mempresentasikan bahasan tentang Dashboard Sistem Informasi khusus bagi para pejabat DJBC, yang mana dashboard tersebut  berisi rekapitulasi data yang bersumber dari CEISA untuk memudahkan monitoring dan analisa data dalam bentuk grafik dan tabel.

Aplikasi ini menyediakan database di bidang Kepabeanan dan Cukai. Aplikasi ini dapat menyajikan data – data lengkap mengenai penerimaan negara dari bidang kepabeanan dan cukai (Bea Masuk, Bea Keluar, dan Cukai), daftar komoditi ekspor dan impor, hingga neraca perdagangan berdasarkan nilai devisa ekspor dan impor. Sumber data tersebut diambil melalui CEISA serta setiap bulan akan dilakukan rekonsiliasi data dengan BPS (Badan Pusat Statistika) dan BI (Bank Indonesia) sehingga mampu diperoleh data-data yang valid dan akurat.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan kinerja Kantor Wilayah Bea Cukai maupun Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai untuk melakukan analisa data terkait Kepabeanan dan Cukai serta dapat bermanfaat dalam pengambilan keputusan bagi pimpinan.

 


   

- Kantor Wilayah DJBC Aceh

RELATED POSTS

)