Sedang Memuat...

PPATK Bersama Bea Cukai Adakan Bimbingan Teknis Terkait Pembawaan Uang Tunai di Entikong

Kamis, 14 Maret 2019 bertempat di aula KPPBC TMP C Entikong, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memberikan bimbingan teknis terkait pembawaan uang tunai atau instrumen pembayaran lain ke dalam maupun ke luar Indonesia. Acara ini dihadiri oleh perwakilan seluruh instansi terkait yang berada di Entikong.

Dibuka dengan sambutan dari Kepala KPPBC TMP C Entikong dan dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama yang disampaikan oleh Muhammad Sigit selaku Deputi Bidang Pencegahan PPATK. Sigit menyampaikan materi tentang pentingnya pengawasan pembawaan uang tunai dan/atau instrumen pembayaran lain. Pada tahun 2015 Indonesia telah menyelesaikan penyusunan National Risk Assessment atas upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang dan tindak pidana pendanaan terorisme (TPPU/TPPT). Dokumen tersebut dapat memberikan gambaran umum atas risiko tindak pidana di pencucian uang dan tindak pidana pendanaan terorisme di tingkat nasional.

Salah satu bentuk pemindahan dana dari sistem pendanaan terorisme adalah pembawaan uang tunai dan Kalimantan Barat menduduki peringkat 26 nasional dan termasuk kategori rendah dalam daftar pendanaan terorisme periode 2011 s.d. 2014.

Penjabaran materi dilanjutkan oleh Soegijono Setyabudi dari Direktorat Pelaporan PPATK terkait pencegahan dan pemberantasan TPPU dan TPPT yang diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 2010 dan UU Nomor 9 Tahun 2013.

Materi selanjutnya disampaikan oleh perwakilan dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang menjelaskan tentang tugas dan fungsi Bea Cukai terkait pengawasan pembawaan uang tunai dari dalam maupun dari luar daerah pabean. Setelah semua materi selesai disampaikan acara dilanjutkan dengan kunjungan ke PLBN Entikong.

 

 

- KPPBC Tipe Madya Pabean C Entikong

RELATED POSTS

)