Sedang Memuat...

SOSIALISASI DAN IDENTIFIKASI PELATIHAN KEASLIAN PITA DESAIN TAHUN 2018 DENGAN SISTEM TOT DI LINGKUNGAN DJBC SUMATERA BAGIAN UTARA

Medan (08/02/2018) – Pengawasan merupakan salah satu fungsi Direktorat Jendral Bea dan Cukai. Salah satu bentuk pengawasan DJBC berupa pengawasan terhadap barang kena cukai. Demi peningkatan kontrol pengawasan terhadap barang kena cukai, salah satu trategi yang dilakukan DJBC adalah dengan mengubah desain pita cukai setiap tahunnya. Setiap desain pita cukai memiliki ciri dan kharakteristik yang sulit untuk dipalsukan. Demi peningkatan pengetahuan terkait pengawasan tersebut, maka Kantor Pusat DPBC mengadakan sosialisasi dan pelatihan identifikasi keaslian pita cukai desain 2018.

Sosialisasi ini diadakan di Aula Rekreasi Gedung Keuangan (GKN) Medan, dihadiri oleh perwakilan dari Kanwil DJBC Sumatera Utara, Kanwil DJBC Aceh, KPPBC TMP Belawan, KPPBC TMP B Kualanamu, KPPBC TMP B Medan, KPPBC TMP C Sabang, KPPBC TMP C Banda Aceh, KPPBC TMP C Meulaboh, KPPBC TMP C Lhokseumawe, KPPBC TMP C Kuala Langsa, KPPBC TMP C Pematang Siantar, KPPBC TMP C Sibolga, KPPBC TMP C Teluk Nibung, KPPBC TMP C Kuala Tanjung dan BPIB Tipe B Medan. Kepala Kantor Wilayah DJBC Sumatera utara selaku tuan rumah yang membuka acara sosialisasi mengharapkan agar seluruh peserta benar-benar menyimak dan memahami apa yang diajarkan dan dapat membagi ilmu tersebut kepada rekan-rekan kerja di kantornya masing-masing.

Training of Trainers (TOT) identifikasi keaslian pita cukai tahun 2018 dipimpin oleh Tim Konsorsium dari PERURI, PT. Pura Nusapersada, dan PT. Kertas Padalarang. Kegiatan Training of Trainers (TOT) dilakukan dengan mempraktekkan langsung materi yang diajarkan. Praktek identifikasi keaslian pita cukai desain 2018 dilakukan dengan cara kasat mata atau menggunakan alat seperti kaca pembesar, lampu ultraviolet, alat elektronis, jarum dan cairan kimia.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan pegawai DJBC dalam mengidentifikasi keaslian pita cukai tahun 2018, sehingga kegiatan pengawasan khususnya terhadap barang kena cukai dapat dilakukan dengan lebih baik serta lebih memperkecil peredaran pita cukai palsu di Indonesia.

- Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara

RELATED POSTS

)