30 April 2024
Bea Cukai Banten Resmi Meluncurkan Aplikasi SIAP KABAN

Bea Cukai Banten Resmi Meluncurkan Aplikasi SIAP KABAN

TRANSFORMASI KELEMBAGAAN

Tangerang Selatan, 16-04-2024 - Memudahkan pelayanan dan pengawasan terhadap perusahaan penerima fasilitas, Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Banten me-launching Sistem Aplikasi Kanwil Banten (SIAP KABAN). Aplikasi tersebut telah dilakukan pengembangan sehingga dapat terintegrasi dengan CEISA 4.0.

Kepala Kanwil Bea Cukai Banten, Rahmat Subagio menjelaskan, SIAP KABAN adalah aplikasi yang dikembangkan pihaknya bersama Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai yang telah selesai pada tahap I yaitu terkait fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE). “Jadi tujuannya untuk memudahkan pelayanan dan pengawasan perusahaan KITE,” tegasnya.

Dalam tahap 1 ini, SIAP KABAN telah dibekali fitur-fitur penunjang seperti: dashboard perusahaan penerima fasilitas KITE, perekaman hasil monitoring dan evaluasi perusahaan penerima fasilitas KITE, dan laporan dampak ekonomi pemberian fasilitas KITE. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat menampilkan capaian indikator kinerja utama (key performance indicator) atas target yang telah ditetapkan dan pada periode berikutnya.

“Hasil laporan yang disampaikan perusahaan melalui Portal Pengguna Jasa akan terintegrasi dengan SIAP KABAN Fasilitas KITE. Hal ini berguna untuk mengetahui kepatuhan perusahaan dalam menyampaikan data dampak ekonomi, kondisi perusahaan, realisasi dari capaian yang telah ditargetkan, serta kewajaran data dampak ekonomi yang disampaikan.”

Pengembangan SIAP KABAN terkait fasilitas KITE ini diharapkan dapat memudahkan kinerja Kanwil Bea Cukai Banten, Bea Cukai Tangerang dan Bea Cukai Merak dalam memberikan pelayanan yang prima dan pengawasan yang optimal.

onal.